RSS
Facebook
Twitter

Dua Sejoli


Kembali meluangkan waktu untuk memenuhi blog... ^^ 
Berhubung tangan , hati dan pikiran lagi sedikit mellow dan drama..., jadilah sebuah prosa sederhana ini : " Dua Sejoli "... Enjoy it.. !!

Pernahkah kau menghitung kepalsuan yang kau lakukan dalam sehari ?
Aku melakukannya …..
Setiap malam aku bertanya - tanya berapa kepalsuan yang telah kulakukan,
Atau…,
Berapa ketulusan yang telah kuberikan….
Tawa yang merekah keluar…
Senyum yang mengembang…
Tetes air mata yang mengalir melalui kelopak…
Dan segala kata yang melompat keluar…
Aku bertanya - tanya..apakah itu ketulusan atau kepalsuan ?
Tapi….
terkadang aku tidak bisa membedakannya.
Entah karena batas antara ketulusan dan kepalsuan yang terlalu tipis.
Atau….
Aku yang tidak mempunyai batasan untuk membedakannya…
Entahlah…Aku tidak tahu.
          Tapi bukankah kadang kita terpaksa melakukan kepalsuan demi orang yang kita
cintai  ?
          Atau……
          Terkadang kita harus melahirkan paksa ketulusan, juga untuk orang yang kita cintai ….
          Tapi bisakah disebut ketulusan jika dilahirkan karena paksaan ?
          Dan bisakah disebut kepalsuaan jika dilakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati ?
          Bukankah yang harusnya kita lakukan hanya hidup secara benar ?
          Jika satu - satunya cara menjalaninya hanya dengan kepalsuan, bukankah harus kita lakukan juga ?
Lalu aku mulai menyadari ,
Ketulusan dan kepalsuan adalah dua sejoli yang aneh,
Mirip tapi saling bertentangan…,
Yang satu akan ada untuk melengkapi atau menentang yang lain, 
Seperti awan dan mendung,
Seperti gerimis dan hujan,
Seperti badai dan hembusan angin
Tapi..
Yang terpenting bukanlah memilih satu diantara mereka,
Atau bukanlah berapa jumlah ketulusan dan kepalsuan yang kita lakukan.
Melainkan bagaimana kita menggunakan ketulusan dan kepalsuan itu…
Untuk hidup …
Atau mengakhirinya….

Like or feel free to comment...^^
See you in next post.... :)