RSS
Facebook
Twitter

Revolusi Industri dan Latar Belakangnya

Masih berkutat di sejarah nih…, keinget pertanyaannya temen sekelas beberapa waktu lalu, jadi pengen menulis tentang seluk beluk revolusi industry. Nah untuk post kali ini membahas tentang latar belakangnya dulu aja, maklum lagi banyak tugas…So, enjoy it… ^^



Revolusi Industri berawal di Inggris pada abad ke- 18, kemudian meluas ke seluruh Eropa, Amerika Utara, dan akhirnya dunia. Revolusi Industri ini dilator belakangi oleh lambatnya perkembangan dunia di bidang ekonomi. Sebelum revolusi industri hanya terjadi peningkatan yang relative kecil pada jumlah produksi per kapita, perubahan kecil ini berdampak pada kecilnya perubahan kesejahteraan masyarakat. Saat itu standart hidup masyarakat dunia hampir sama seperti standart hidup penduduk dunia era Babilonia di tahun 2000 SM silam. Fakta mengenaskan ini disebut dengan Malthusian trap , yaitu sebuah teori yang diungkapkan oleh Malthus seorang ahli ekonomi dan politik Inggris. Ia menganalisa hubungan antara produksi barang dan peningkatan jumlah penduduk.
Istilah revolusi industri sendiri diperkenalkan oleh Friedrich Engels dan Louis Auguste Blanqui pada petengahan abad 19. Istilah ini ditemukan dalam surat oleh seorang utusan Perancis bernama Louis - Guillaume Otto pada tanggal 6 Juli 1799, dimana dia menuliskan bahwa Perancis telah memasuki era industrialise. Dalam buku “Keywords : A vocabulary of Culture and Society” terbitan tahun 1976 Raymond Williams menyebutkan bahwa kata tersebut merupakan sebutan untuk istilah “ Industri ”
Faktor utama yang melatarbelakangi peristiwa ini adalah terjadinya revolusi ilmu pengetahuan pada abad ke 16 dengan munculnya ilmuwan seperti Francis Bacon, Rene Descartes, Galileo Galilei serta adanya pengembangan riset dan penelitian dengan didirikannya berbagai lembaga riset seperti The Royal Improving Knowledge, The Royal Society of England dan The French Academy of Science. Selain itu faktor ketahanan politik dan perkembangan kegiatan wiraswasta juga ikut mempengaruhi.
Sejarah revolusi industri ini dimulai pada tahun 1760, yaitu ketika sebuah negara mampu mematahkan teori Malthusian trap dengan membuat perubahan besar pada nilai produksi per kapita. Pada tahun ini dimulai penggunaan tenaga air, angin dan uap secara besar - besaran. Pertanda pertama terjadinya revolusi industri adalah gerakan Enclosure . Gerakan Enclosure merupakan suatu gerakan dihentikannya kebiasaan tradisional dalam aktivitas sosial dan ekonomi, gerakan ini terjadi sejak abad ke-16 dan mencapai puncaknya di tahun 1760 sampai 1832. Gerakan Enclosure ini sering kali menggunakan tanah milik tuan tanah. Tuan tanah akan memperkenalkan teknik - teknik baru merawat tanahnya sehingga menimbulkan produktivitas pertanian , perkebunan maupun peternakan. Revolusi Industri juga dipengaruhi oleh situasi politik yang stabil, adanya Bill of Right menyebabkan raja tunduk kepada undang - undang dan hanya menarik pajak berdasarkan persetujuan parlemen. Terjadinya arus urbanisasi yang besar akibat Revolusi Agraria di pedesaan mendorong pemerintah Inggris untuk membuka industry yang lebih banyak agar dapat menampung mereka.
Kejadian lain yang menyebabkan revolusi industry adalah Patent Act, yaitu sebuah kebijakan pemberian hak paten resmi dari pemerintah kepada para penemu , hal ini terjadi pada tahun 1623. Patent Act memicu munculnya penemuan - penemuan baru di berbagai bidang . Berbagai penemuan ini telah meningkatkan produktivitas para pekerja. Pada tahun 1776, James Watt menciptakan teknologi mesin uap. Mesin uap ini mampu menghasilkan daya secara lebih efisien di bidang apapun, hal ini juga memicu berbagai penemuan di bidang permesinan.
Berbagai penemuan dan perubahan ini mempengaruhi kehidupan masyarakat di bidang pertanian, manufaktur, transportasi, pertambangan dan teknologi. Hal ini merubah sosio - ekonomi dan budaya masyarakat. Revolusi Industri merupakan titik balik yang sangat besar dalam sejarah peradaban manusia. Revolusi Industri mempengaruhi pendapatan rata - rata dan jumlah penduduk secara drastis, dalam 2 abad berikutnya , pendapatan rata - rata dunia meningkat hingga 10 kali lipat, sementara penduduk dunia naik 6 kali lipat.
Revolusi industry ini bahkan dianggap sebagai peristiwa paling penting yang pernah terjadi dalam sejarah kemanusiaan sejak domestikasi hewan dan tumbuhan pada masa Neolitikum.

Sekian dulu tentang latar belakang dan faktor yang memicu revolusi industry …… :D Untuk penjelasan tentang pengaruh dan dampak - dampaknya Insya Allah di post selanjutnya ya :D

Thanks for read and hope you get new information … -R-