RSS
Facebook
Twitter

Pendudukan & Penjajahan Apa Bedanya ?

Masih berhubungan dengan sejarah gan… , Nah tadi guru sejarah tanya gini :
“ Kenapa saat Belanda datang Indonesia disebut sedang mengalami masa  ‘penjajahan’ Belanda sedangkan saat Jepang datang Indonesia sedang mengalami masa ‘ pendudukan ’ Jepang ?  ”
Nah setuju nggak sih kalau kita terkadang tidak mempermasalahkan perbedaan sebutan atau kata tersebut ? Kebanyakan dari kita menganggap hal tersebut memiliki makna yang sama , tapi ternyata setelah ublek2 google dan Wikipedia ternyata 2 kata tersebut memiliki perbedaan makna yang sangat besar !

                           Sumber : gudangartikelpendidikan.blogspot.com
Pertama ditinjau dari definisi  kata “ menjajah”. Menurut KBBI definisi kata “ Menjajah ” adalah ‘ Bepergian keluar masuk suatu daerah ( negeri dsb ) dari kota ke kota , dari desa ke desa’ dan ‘ menguasai dan memerintah suatu negeri ( daerah dsb )’
Dari definisi diatas kita dapat mengerti bahwa ‘ Menjajah’ berarti melakukan perluasan kekuasaan ke daerah - daerah lain dimana para penjajah mengambil alih kekuasaan dan memerintah pada daerah tersebut. Beberapa pendapat penjajahan ini dibedakan lagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Imperialisme
Imperialisme berasal dari kata Latin “ imperare ” yang artinya memerintah . Secara harafiah Imperialisme ini diartikan sebagai suatu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya.
          b. Kolonialisme
Kolonialisme berasal dari kata Latin “ colonia” yang berarti tanah permukiman / jajahan. Secara harafiah Kolonialisme diartikan sebagai sistem dimana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tapi masih tetap berhubungan dengan daerah asal .
          Saat Belanda datang ke Indonesia dan menguasai Indonesia selama kurang lebih 350 tahun , Belanda menguasai dan mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia. Tidak hanya itu Belanda juga mengeksploitasi sumber daya manusia Indonesia. Untuk jenis penjajahan, Belanda menganut Kolonialisme. Hal ini karena meskipun Belanda memegang kekuasaan di Indonesia , tapi tetap mengikuti dan berada dibawah pemerintahan ratu Belanda. Selain itu dapat juga dilihat dari tujuan Belanda menguasai Indonesia, yaitu untuk menguras sumber - sumber kekayaan daerah koloni demi perkembangan industry dan memenuhi kekayaan negaranya sendiri ( Belanda )

          Sekarang kita bahas mengenai istilah “ Pendudukan Jepang “ di Indonesia. Menurut KBBI ‘pendudukan’ memiliki arti atau definisi : proses, cara , perbuatan menduduki ( merebut dan menguasai ) suatu daerah dsb;
                                     Sumber : Wikipedia 
          Meskipun secara harafiah maknanya hampir sama dengan penjajahan, yaitu merebut dan menguasai suatu negara tertentu . Tapi istilah ini digunakan pada saat Jepang menguasai Indonesia karena Jepang merebut kekuasaan Indonesia bersifat strategis militer. Saat itu Indonesia merupakan front terdepan dalam menghadapi kekuatan sekutu yang mengepung Jepang pada masa Perang Dunia ke II.
          Eksplotasi yang dilakukan Jepang juga tidak seekstrim yang dilakukan Belanda. Meskipun sempat ada Romusha, hal tersebut bertujuan untuk memperkuat pertahanan militer Jepang di bidang militer dalam perang dunia, tidak seperti Beranda yang memberlakukan Rodi untuk memakmurkan negara Belanda itu  sendiri.
          Nah dari penjelasan diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa penggunaan istilah tersebut memang memiliki maksud dan tujuan tertentu, bukan hanya sekedar penggunaan kata saja.


          Tapi tetap yang paling penting adalah kita sebagai bangsa Indonesia menggunakan semua peristiwadi masa lalu tersebut sebagai pembelajaran untuk menjadi bangsa dan negara yang lebih , lebih, lebih, dan lebih baik lagi… ^^
Semoga Bermanfaat chingu... !! ^^